SEO 97 akan memberikan Langkah tips dan trik mengenai SEO yang harus dilakukan dan harus dihindari, agar website kita dapat dengan mudah menduduki halaman terbaik di search engine.Evaluasi dari banyak faktor yang mempengaruhi sebuah Search Engine
Optimization,tips dan panduan berikut akan di bagi dalam beberapa prioritas yang bisa anda jalankan dan meninggalkan semua cara yang akan membuat kerugian buat perkembangan situs web atau blog anda.baiklah mari simak tips ini:
97 Tips Agar Pertumbuhan Weblog Baik ini merupakan framework apa yang harus Anda lakukan dan apa yang harus Anda hindari. Langkah langkah ini adalah hasil pengujian dari
2000an optimisasi website di search engine Google, Yahoo!, MSN,
Altavista, dan search engine utama dunia lainnya selama lebih dari 7
tahun sampai dengan hari ini.
1.Tulis dan buat content yang unik (prioritas tertinggi): content yang unik sangat penting. Perlu bagi pembuat dan pemilik website untuk memiliki content yang memiliki informasi berbeda dari website-website lain yang ada di internet.
2.Selalu melakukan up date content: website yang memiliki content yang selalu di update secara teratur akan menjadi lebih hidup dari pada website yang jarang melakukan update. Hal ini juga membantu meningkatkan relevansi content atas website, dan sangat mempengaruhi rangking.
3.Gunakan Keyword phrase yang tepat: hal pertama yang harus dilakukan ketika bekerja dengan SEO adalah menemukan keyword phrase yang tepat. Jangan mencoba untuk melakukan optimasi atas keseluruhan site hanya dengan satu keyword phrase, tetapi fokuskan usaha
pada penulisan content page untuk keyword dan phrase yang spesifik.
4.Pilih phrase yang populer, tetapi jangan terlalu populer: ketika memutuskan sebuah keyword phrase, kita ingin mendapatkan keyword yang populer tetapi bukan yang sangat atau terlalu populer. Dalam hal
pemilihan keyword yang populer bukan yang terlalu populer sepertinya bertentangan dengan intuisi, tapi realitasnya adalah keyword yang sangat populer itu umumnya terlalu umum dan luas serta sangat diinginkan oleh semua pemain online sehingga tingkat persaingannya sangat tinggi.
Sebaiknya, lakukan optimasi pada keyword yang tepat dan dapat dioptimasi
dengan baik, sehingga posisi bisa menjadi tinggi. Dengan menggunakan keyword yang tidak terlalu populer sangat besar kemungkinan kita untuk mendapatkan
pageview tinggi meskipun kita berada di halaman dua sekalipun, daripada
bersaing dikeyword yang populer akan tetapi hanya dapat berada di
halaman 50.
5.Buatlah website yang accessible: accessible HTML adalah yang dapat di akses baik oleh search engine spider serta dapat di baca oleh pengunjung atau visitor. Semakin mudah diakses page yang kita buat, akan semakin mudah search engine untuk membacanya dan merangking page-pagenya.
6.Gunakan keyword phrase didalam title tag:
title tag adalah salah satu tag terpenting didalam sebuah webpage.
Dengan menuliskan keyword phrase di title tag, sebaiknya di bagian atas atau awal, adalah sangat penting untuk membuat phrase tersebut masuk ke search engine. Ditambah lagi, ini membuat keyword phrase akan di tempatkan sebagai link di
index search engine.
7.Gunakan domain dengan keyword phrase tinggi seperti blog ini kalian bisa coba googling dan masukan nama blog ini dan lihat(SEO 97).Dengan menggunakan keyword phrase sebagai nama domain adalah salah satu cara terbaik untuk lebih mengoptimalkan phrase tersebut.
8.Gunakan keyword phrase pada URL: jika tidak dapat menggunakan keyword dalam nama domain, keyword dapat gunakan di URL.Search engine membaca URL dan memberikan nilai pada teks yang ada di
dalamnya.
9.Gunakan banyak keyword phrase, tapi jangan berlebihan (prioritas tertinggi): rasio perbandingan antara keyword terhadap teks dalam page disebut keyword density. Sangatlah penting untuk mengulang keyword dalam dokumen, tapi jangan berlebihan. Prosentasi keyword density seharusnya antara 3% – 7% untuk keyword phrase utama dan 1%-2% untuk secondary keyword atau keyword phrase.
10.Gunakan keyword phrase sebagai headline:
headline tags (h1, h2, h3, etc.) adalah tempat yang tepat untuk
meletakkan keyword phrase dan secondary keyword. Search engines
menyadari jika headline lebih penting dibandingkan dengan teks-teks lain
di sekitarnya, sebaiknya letakkan keyword disana untuk mendapatkan
nilai lebih.
11.Gunakan keyword phrase dalam anchor text link: link text adalah tempat lain yang tepat untuk meletakkan
keyword phrase.Disetiap webpage keberadaan link biasanya lebih menonjol dibandingkan dengan teks yang lain.
12.Mintalah orang lain untuk melink ke website kita:cara bagus untuk mendapatkan inbound link adalah dengan meminta orang lain
untuk melink ke web kita. Tetapi jangan berlebihan, cross-linking yang
berlebihan akan dianggap sebagai spam. Berhati-hatilah dengan membeli
link dari pihak ke tiga.
13.Usahakan keyword phrase ada dalam incoming link: inbound link merupakan salah satu cara untuk menaikkan page
rank. Tetapi kita tidak dapat mengontrol bagaimana orang me-link ke page
kita. Seandainya mereka tidak mau menggunakan phrase yang mendekati
keyword prase kita. Yang perlu di ingat adalah, mereka melakukan link
secara sukarela, seandainya memungkinkan kita dapat memintanya dengan baik-baik kepada mereka untuk
menggunakan phrase yang kita kehendaki, karena terkadang mereka bisa sangat sensitive. Bila tidak hati-hati, bisa jadi mereka akan menghapus link ke webpage kita. Cara lain untuk menempatkan keyword phrase dalam inbound link adalah dengan menyediakan teks link siap pakai. Contoh:Please link to this page:<a href=”http://seo97.blogspot.com/”>Blog SEO Friendly</a>
14.Usahakan mendapat link dari site-site bereputasi tinggi: site-site yang terkenal jika mereka mau bertukar
link dengan kita akan dapat menaikkan reputasi kita. Mereka biasanya bersedia untuk melink ke web
kita, bila kita dianggapnya memiliki nilai lebih. Caranya adalah dengan
menyampaikan ke mereka bahwa site kita memiliki nilai lebih dengan
menyebutkan bahwa site kita memiliki posisi tinggi di search engine dan
Google page ranknya juga tinggi.anda bisa lihat Daftar Back Link Indonesia Berkualitas
15.Dapatkan link dari site yang sama atau sejenis:outbound link yang berasal dari site sejenis sangatlah
penting. Ini mengindikasikan bahwa site kita memiliki content yang
berkaitan dengan topic tertentu dan berhubungan dengan yang lain. Selain
itu juga mengindikasikan kepada pesaing jika site kita cukup bernilai
dan mereka akan memberikan kredibilitas lebih.
16.Dapatkan link dari site-site .edu, dan .gov: site-site dengan .edu dan .gov adalah top-level domain
memiliki tingkat kredibilitas tinggi karena domain-domain ini sangat
sulit didapatkan.Jika desainer-desainer dari site-site tersebut mau
melakukan link ke site kita, akan menaikkan kredibilitas site kita. Lihat SEO 97 Back Link Berkualitas
17.Buat sebanyak mungkin content: content
adalah segalanya. Semakin banyak content yang ada di dalam site,akan
semakin besar kemungkinannya untuk terindeks dan muncul di search engine.
18.Usahakan content website tetap dalam satu tema (prioritas
menengah): tema atau topik dari keseluruhan site sangat penting. Jika
kita memiliki banyak page dengan satu tema, akan meningkatkan
kredibilitas tiap page.
19.Peliharalah site kita (prioritas menengah): karena page-page yang
sudah lama (di domain yang sama) akan memiliki rangking lebih tinggi
dibandingkan dengan page yang baru (di dalam domain yang sama).
20.Buat sitemap atau peta situs: search engine suka sitemap,
bukan untuk perankingan, tapi untuk menemukan link dalam website kita.
Sitemap dapat berbentuk XML sitemap atau Google sitemap, bahkan sitemap
dengan HTML biasapun bisa dipakai.
21.Gunakan 301 redirect untuk permanent redirect: ketika melakukan redirect page, gunakan selalu 301 http
server redirect. Ini akan memberitahukan search engine jika redirect
tersebut permanent dan mereka harus mengganti indexnya dengan URL baru.
Biasanya untuk para spammer mereka menggunakan tipe redirect yang lain
(HTTP 302 redirects dan meta refresh).
22.Gunakan 302 redirect hanya untuk URL yang terlalu panjang atau
jelek: HTTP 302 redirect hanya untuk temporary
redirect.Redirect ini hanya digunakan untuk meredirect URL-URL yang
jelek agar menjadi lebih user-friendly.Teknik redirect ini akan
mengatakan kepada search engine jika URL yang jelek tersebut jangan dihapus dari index, karena ada URL yang user-friendly lain yang cocok dengan URL tersebut Perlu diingat, para spammer juga menggunakan 302 redirect ini untuk mengecoh search engine.Jadi berhati-hatilah jika menggunakan redirect tipe ini.
23.Dapatkan sebanyak mungkin outbound link:
link sangat penting terutama dari site lain. Ini yang disebut outbound
link. Jika kita mendapatkan banyak outbound link, akan dapat membantu menaikan page
rank. Perlu diingat 1-2 link dari site yang reputasinya bagus akan
memiliki nilai yang lebih tinggi dari pada 100 link yang berasal dari link farm.
24.Letakkan keyword phrase di paragraph pertama:pengulangan keyword phrase dalam content sangat penting. Terutama pada paragraf pertama dan kedua. Perlu diingat lagi, lakukan pengulangan secara wajar dan jangan berlebihan.
25.Letakkan keyword phrase dibagian atas HTML: selain dalam paragraf pertama, letakkan juga content yang berisi keyword phrase dalam dokumen HTML.
26.Letakkan keyword phrase pada alternatif text:image dapat dipakai untuk meletakkan keyword phrase sebagai alternatif text.Ini adalah salah satu cara meletakkan keyword phrase ke dalam dokumen tanpa melakukan pengulangan kata.Tetapi kita tetap harus berhati-hati jangan sampai berlebihan, dan akan terkena banned.
27.Besarkan font size yang dipakai untuk menulis keyword phrase:search engine mengetahui jika ada font yang ukurannya lebih
besar dari standart font dalam page berarti dia lebih penting dari yang
lain.Gunakan CSS atau font tag. Gunakan juga perubahan font size ini paga headline tag.
28.Formatlah keyword phrase agar lebih menonjol:pakailah <strong> dan <em> untuk membuat keyword
phrases lebih menonjol dari teks lainnya. Search engine akan membaca tag
tersebut dan melihatnya lebih dari padateks lain di sekitarnya.
29.Tulis meta description yang jelas: search engine menggunakan description meta tag sebagai description di indexnya. Jadi sangat penting untuk mendiskripsikan page kita dengan akurat. Selain search engine akan mengindexnya juga membantu pengunjung/visitor untuk menemukan page kita.
30.Link antar page dalam site inbound link:
link memang penting, dan link antar page dalam satu site adalah salah
satu cara termudah untuk mendapatkan link. Memang link ini tidak penting dalam search engine rangking disbanding link dari eksternal site, tetapi cukup membantu. Selain itu link antar page juga akan membantu search engine spider menemukan semua page di dalam site.serta jangan lupa untuk submit weblog di Direktori Weblog Berkualitas
31. Sisipkan link diantara teks: link yang dapat
dimasukkan dalam teks dokumen (external link atau link dalam site) akan
merangking lebih tinggi dibanding daftar link atau bentuk link
artificial lainnya. Ini dikarenakan search engine menilai content dan
link yang bersatu dalam konteks content yang saling terkait.
32.Tetap cari outbound link: semakin tua umur link akan semakin baik. Jika ada 100 link yang di pasang secara bersama-sama,search engine akan melihat kita membeli link,dan akan dianggap sebagai spam.
33.Dapatkan link dari DMOZ dan Yahoo! (prioritas menengah): DMOZ dan
Yahoo! Serta direktori direktori lain akan menunjukkan jika page
milik kita memiliki keterkaitan dengan bagian dari Direktori Weblog Berkualitas.
34.Cek inbound link dan outbond link secara periodik untuk pagerank: setiap kali menempatkan external link ke dalam
site, ada resiko dari site yang kita link berasal dari link farm atau
“bad neighborhood”. Dengan secara periodik melakukan cek atas pagerank
dari site-site yang kita link, kita dapat menghilangkan link yang telah
berubah menjadi buruk atau tidak layak. Ini membantu untuk menjaga
kredibilitas site agar tidak jatuh karena pihak yang melakukan link ke
kita.
35.Buatlah link untuk semua major image: penting untuk selalu membuat link image karena orang sering meng-klik image. Search
engine juga menilai lebih content yang memiliki link. Kuncinya adalah
selalu menyertakan alternative link. Semua image yang dapat dilihat pengunjung harus ter-link.
36. Page harus selalu up-to-date: page-page yang
secara reguler di up date akan mendapat prioritas dibanding page lama
yang tidak pernah di update.Dalam hal ini tidak hanya membenarkan ejaan
yang sudah ada tapi juga melakukan perubahan kecil dan reguler biasanya
lebih efektif.
37.Jika harus memakai frame, selalu gunakan noframes tag: frame dan search engine sebenarnya saling bertentangan.Tapi
kalau harus memakai frame, berarti harus menyertakan nonframe version.
38.Jika harus memasang Flash, selalu sertakan alternative text: flash dan search engine juga bertentangan, tapi jika harus ada flash berarti harus disertakan juga alternatif text yang mendiskripsikan apa yang ada dalam flash element tersebut. Jika menggunakan flash untuk keseluruhan site,harus disertakan alternatif version dari complete site dalam HTML sehingga search engine dan non-Flash browser dapat melihat dan menampilkannya dengan baik.
39.Flash digunakan untuk bagian yang tidak terlalu penting dalam
page: penggunaan terbaik flash dalam website hanya
untuk porsi kecil saja, mungkin untuk bagian yang tidak telalu penting.
Search engine dapat melihat flash, tapi melihatnya sebagai image.
Berdasarkan pada Google Webmaster Central, site-site yang efektif
menggunakan flash adalah “use Flash for rich media but rely on HTML for
content and navigation.
40.Dekatlah selalu dengan root directory: semakin
tinggi page kita di sub-direktori, akan semakin baik rangking kita di
search engine. Dikarenakan page-page yang terlist berada di root
directory umumnya lebih baik dari page-page yang terdapat pada kedalaman
4 atau 5 di site.
41.Gunakan keywords tag dan sertakan keyword phrase: meta tag adalah cara populer untuk menaikkan hasil di search
engine, tapi ada beberapa search engine utama yang tidak menggunakan
metode ini, tetapi ada juga yang menggunakan metode ini. Tidak ada
salahnya untuk menyertakan keyword phrase dan secondary keyword dalam
meta keyword tag, tapi hasilnya belum tentu juga.
42.Usahakan keyword dalam satu kesatuan: search
engine merangking keyword dalam page tidak perduli dimana mereka
diletakkan. Tapi jika ingin rangking yang lebih baik untuk keyword
phrase spesifik, kumpulkan keyword-keyword tersebut untuk memastikan
search engine mengenalinya sebagai satu kesatuan yang saling terkait.
43.Pakai keyword phrase di meta description:
search engine akan menggunakan apa yang terdapat dalam bagian meta
description sebagai diskripsi dalam hasil pencariannya. Jadi penting
untuk memiliki diskripsi yang bagus. Menyertakan keyword phrase dalam
meta description tag adalah salah satu tempat dimana search engine akan
melihat keyword kita.
44. Siapkan language meta keyword kita sendiri: jika page kita tidak dalam bahasa Inggris, set up language meta tag sehingga
search engine (dan juga user agen lainnya) mengetahui bahasa apa yang
dipakai.Kebanyakan search engine memiliki cara lain untuk mengatakan bahasa apa
yang tertulis dalam teks, tapi mereka lebih sering menggunakan tag
tersebut, selain itu tag ini juga akan membantu untuk menaikkan rangking
page kita di halaman pencarian dengan bahasa tertentu.
45.Optimasikan secondary keywords (prioritas menengah): setelah kita
menetapkan suatu keyword phrase, ada baiknya disiapkan juga satu atau
dua keyword lain untuk dioptimasi. Tapi pemilihan keyword ini harus
hati-hati, pastikan keyword density atas secondary keywords antara 1-2%.
Jika lebih tinggi akan beresiko membingungkan search engine dan
melemahkan kekuatan primary keyword phrase.
46.Gunakan keyword phrase dibagian anchor:
anchor atau sering di sebut bookmark adalah tool navigasi dalam web
page.Tapi bagi search engine juga mengindikasikan penjelasan suatu teks dan dengan
mengikuti anchor akan memiliki signifikansi lebih. Jika memakai keyword
phrase di anchor, akan memberikan teks tersebut lebih mencolok.
47.Gunakan bentuk kata yang berbeda untuk keyword phrase: hal ini biasa di sebut stemming. Kebanyakan search engine
mengenali word stemmed satu dengan yang lain sebagai word atau kata yang
sama. Contoh, versi plural dari kata benda (dog dan dogs, dig dan
digging) dll. Dengan menggunakan bentuk yang berbeda untuk keyword,
dapat membuat page kita lebih menarik bagi pembaca, sementara tetap
dapat di optimasi.
48.Gunakan synonym untuk keyword : synonym, sama
dengan keyword stemming adalah cara lain untuk mengolah teks bagi
pembaca sementara tetap bisa di optimasi. Kebanyakan search engine modern memiliki perpustakaan synonym yang besar dan kuat sehingga dapat mengenali
synonym dari kata seperti “dog” dan “canine” adalah sama. Tetapi kita
harus berhati-hati untuk page-page yang bukan berbahasa Inggris. Karena
kebanyakan search engine di develop di Negara berbahasa Inggris, dan
lebih banyak memiliki vocabulary dalam bahasa Inggris disbanding bahasa
lainnya.Perlu untuk diingat, tool seperti keyword density readers
sering tidak mengenali synonym,jadi ada kemungkinan gae kita lebih
banyak keyword-nya dari pada yang di report oleh tool tersebut karena
banyak terdapat synonym.
49.Jangan terlalu banyak link ke external sites: melakukan link site ke site lain adalah ide yang baik, tapi
jangan penuhi page-page dalam site dengan link ke mereka. Ini bisa
melemahkan efektifitas page kita ke search engine,lebih buruknya lagi
page akan tampak seperti daftar link yang bisa memperbesar kemungkinan
di finalti oleh search engine. Selain itu jika terlalu banyak punya
external link, berarti semakin banyak pekerjaan untuk mengecek mereka
secara regular untuk memastikan page kita tidak masuk ke linkungan yang
tidak mendukung.
50.Buat domain yang berbeda dari pada menggunakan sub-domain: subdomains adalah cara untuk membuat website baru tanpa harus mendaftarkan domain baru. Tapi sub domain tidak akan mudah dikenali oleh search engine dibanding domain yang berdisi sendiri. Selain itu orang lebih familiar dengan bentuk URL yang dimulai dengan “www.domainname.com”. URL
yang terlalu panjang seperti www.subdomain.domain.com jarang dikenali
oleh mereka. Jika memungkinkan pindahkan semua yang ada di dalam sub
domain ke dalam domain name sendiri.
51.Usahakan dapat domain.com: tantangan besar dalam mendapatkan nama domain yang bagus, terutama dengan .com top-level
domain (TLD). Tapi jika memiliki domain dengan .com yang bagus akan
menaikkan rangking dibanding menggunkan domain dengan.biz or .us TLDs.
Jika site kita .edu domain (karena site kita sekolahan atau universitas)
akan segera mengangkat kredibilitas sebuah site.
52.Gunakan hyphen (-) untuk memisahkan kata dalam domain: ketika meletakkan keyword dalam domain dan URL, perlu
dipertimbangkan untuk memisahkannya dengan (-) daripada menuliskannya
jadi satu atau menggunakan underscores (_). Search engine spiders dapat
tahu dimana sebuah kata dimulai dan berakhir tanpa ada tanda baca
seperti hyphens, kebanyakan komputer membaca hyphens sebagai akhiran
kata, tapi melihat underscores sebagai bagian dari kata.
53.Gunakan hyphens atau underscores untuk memisahkan kata di URL
(prioritas menengah): sama seperti domain, di URL kata juga dipisahkan
dengan hyphens (-) atau underscores (_). Hyphen lebih baik, tapi diluar
domain, underscore tetap bisa bekerja dengan baik. Hyphen lebih baik
karena banyak search engine spider mengenali hyphens sebagai akhiran
kata, tapi melihat underscores sebagai bagian dari kata. Selain itu,
dapat terlihat seperti spasi untuk pembaca (karena garis bawah dari link
dan garis underscore sering bersatu.), ini yang membuat
pembaca/pengunjung sering bingung ketika menuliskan URL dan akhirnya
page-nya tidak terbuka.
54.Tulis page yang singkat: semakin pendek
page, semakin sedikit kita mengulang keyword phrase dan mempertahankan
density pada prosentase yang pas. Selain itu page yang pendek cepat
dalam loadingnya, dan pembaca menyukainya.Usahakan page berada di bawah
150KB in size. Split page yang panjang menjadi multiple page dan
optimasi setiap pagenya.
55.Hati–hati menggunakan JavaScript: sepanjang
scriptnya valid dan tidak merusak HTML, kebanyakan search engine akan
mengabaikannya. Tapi jangan berharap pada JavaScript saja untuk
meningkatkan rangking– kebanyakan search engine mengabaikan content yang
ada dalam JavaScript.
56.Sertakan text transcript podcast dan sound files: sama seperti image dan flash, search engine tidak dapat mengindex sound file
termasuk podcasts. Dengan menyertakan transcript sound file dan podcast,
berarti memberikan search engine lebih banyak teks untuk di indeks.
57.Jangan posting ditempat yang membolehkan spam (hindari!): dalam hal ini semua tipe spammer, terutama search engine spammer. Cari tahu kebijakan dari hosting provider kita mengenai spammer.Biasanya ini tercantum dalam terms and conditions mengenai aktivitas-aktivitas yang mencurigakan. Jika IP kita kena blacklist, maka semuanya akan terblacklist, meskipun site kita tidak melakukan hal-hal buruk.
58.Jangan posting di tempat yang sering down (hindari!): meskipun
search engine tidak memfinalti site yang sedang down, tapi kondisi ini
membuat mereka tidak dapat mengindex page karena site tersebut tidak
dapat dikunjungi. Jika down beberapa kali dan bersamaan saat search
engine spider berusaha mengaksesnya, site dapat di-flag sebagai hilang
(gone), dan kemudian spider tidak mau datang lagi.Tanyakan ke hosting
provider bagaimana uptime rate mereka dan garansi yang dapat mereka berikan. Uptime kurang dari 97-98% dianggap buruk.rekomendasi untuk hosting yang baik anda bisa datang langsung ke RAJAWEBHOST
59.Jangan tulis content dengan JavaScript (hindari!): search engine
tidak memfinalti site yang menggunakan JavaScript, tapi mereka tidak
mengindex content script. Jika page menggunakan JavaScript untuk
mendisplay contentnya, akan sangat sulit untuk terindex. Ini juga
termasuk page-page yang menggunakan script untuk show and hide text dan
page yang menggunakan Ajax untuk content.
60.Jangan abaikan alt text untuk image terutama image dalam text (hindari!): image yang inline dengan text dapat mempercantik tampilan web page, tapi jika alt text di tinggalkan search engine tidak akan mengambil content yang relevan. Perlu diingat semakin berat sebuah page karena imagenya, semakin sedikit kemungkinan search engine akan merangkingnya. Sebagian besar search engine akan merangking berdasarkan text, dan alt text adalah alternative yang kurang bagus.
61.Jangan pakai image untuk mengganti text link (hindari!): search engine optimization semuanya berhubungan dengan text, dan jika memilih
menggunakan image dibanding text, meskipun alt text yang dimiliki sangat
bagus, search engine akan mengalami kesulitan dalam merangkingnya. Ini
terutama untuk navigasi. Search engine spider melakukan crawl
keseluruhan site dengan mengikuti link, dan link dalam image akan lebih
sulit untuk diikuti atau di rangking dibandingkan dengan text link.
Selain itu image juga akan melambatkan visitor dalam meload page. Lebih baik gunakan CSS daripada menggunakan image.
62.Jangan sampai salah tulis keyword dalam content (hindari!): akan sangat merepotkan untuk mengoptimasi site jika ada kesalahan tulis keyword. Memang kesalahan ini tidak akan mengganggu, terutama jika kita memang akan menggunakan kesalahan kata sebagai kata kuncinya. Cuman akan merusak kredibilitas kita dimata pembaca maupun customer. Karena orang akan melihat kita tidak profesional, dan lagi banyak search engine dan browser yang
memiliki spell checker dalam mesinnya, sehingga akan semakin memunculkan kemungkinan untuk terlihat adanya kesalahan.
63.Jangan mengoptimasi lebih dari 2-3 keyword dan phrase (hindari!): ini disebut dengan keyword dillution. Jika memiliki banyak topik dalam sebuah page, akan sulit bagi search engine dan pengunjung untuk mengetahui apa sebenarnya yang sedang dibahas. Jika ada banyak hal yang akan disampaikan, ada baiknya membuat multiple short page untuk tiap topiknya, daripada menjejalkannya dalam satu page yang panjang.
64. Jangan menggunakan keyword phrase terlalu banyak (hindari!): keyword stuffing adalah praktek dalam mengulang keyword atau keyword phrase berkali-kali sampai akhirnya dalam page tersebut tidak ada teks lain selain keyword phrase. Cek dengan keyword density untuk mengetahui seberapa sering pengulangan itu terjadi, bila idikasinya diatas 10% artinya terlalu berlebihan. Jika dalam penyisipan keyword terlalu mencolok, search engine akan langsung memfinalti.
65.Jangan berharap pada link-link yang datang dari IP yang sama (hindari!):memang Google tidak mendeskriminasikan domain-domain yang berasal dari IP yang sama (seperti domain-domain yang menggunakan virtual hosting), tetapi ada beberapa search engine lain yang melakukan hal tersebut. Sehingga ada baiknya untuk mengembangkan inbound link dengan link-link dari domain lain yang kita miliki. Hal yang sama juga berlaku untuk domain yang berada
pada hosting provider yang sama (berasal dari C-level IP address yang
sama).Google tidak akan menfinalti site-site seperti ini, tapi mesin yang lain mungkin akan melakukannya. Berikut beberapa situasi sangat mencolok yang membuat sebuah site terkena banned oleh search engine.
66.Jangan gunakan lebih dari 10 kata untuk URL (hindari!): jika kita ingin menaruh keyword di URL (dan di domain juga), URL yang panjang akan tampak seperti spam baik di mata pengunjung maupun search engine. Namun
demikian ini bukanlah isu serius, dan jika terpaksa harus menggunakan 11
– 15 kata di URL, seharusnya tidak menjadi masalah, sepanjang tidak
dilakukan setiap waktu.
67.Jangan gunakan URL parameter (hindari!): parameter di URL akan
membuatnya menjadi lebih panjang dan sulit bagi setiap pengunjung untuk
membacanya. Dan search engine akan terkacaukan oleh parameter tersebut,
terutama jika parameter ini dimaksudkan untuk menyimpan informasi
customer, dan tidak mengindikasikan sebagai web page yang berbeda.
Selain itu search engine tidak akan merangking dynamic page lebih tinggi
dari statis page, dan kebanyakan dynamic page menggunakan parameter di
URL untuk mengindikasikan halaman yang benar. Jika memang harus memasang
parameter, ada baiknya mempertimbangkan untuk menulis ulang URL ke
static URL, setidaknya untuk page-page yang memang sangat penting.
68.Jangan gunakan dynamic URL (hindari!): secara umum, spider lebih
memilih static URL dibanding dengan yang dynamic. Memang ada kemungkinan
untuk mendapatkan rangking lebih tinggi dengan dynamic URL, tapi akan
lebih mudah lagi bila dynamic URl-nya di redirect ke static URL yang
lebih pendek.
69. Jangan gunakan session ID (hindari!): sama seperti dynamic URL, search engines kurang menyukai URL dengan session ID didalamnya. Realitasnya, session ID dapat mendatangkan lebih banyak masalah dengan search engine spider dibanding dynamic URL. Permasalahannya adalah, setiap kali spider
datang ke site dengan session ID maka akan diindex site itu sebagai URL
yang benar-benar baru- meskipun contentnya identik. Ini dapat membuat
search engine berfikir kita sedang melakukan spamnya dengan identical
content, dan dapat membuat site tersebut kena ban. Dalam Google
guidelines sekarang disebutkan jika id= URL parameters are okay, tapi
bukan berarti search engine lainnya melakukan hal yang sama.
70. Jangan mengharapkan AdSense untuk meningkatkan ranking
(hindari!): adSense adalah cara mendapatkan uang melalui website. Tapi
pada kenyataannya, memasang Adsense tidak akan meningkatkan atau
menurunkan rangking di search engine, bahkan di Google sekalipun.
71.Jangan berharap pada Adword untuk menaikkan rangking (hindari!):
adwords adalah cara untuk beriklan menggunakan Google. Kita harus
membayar banyak untuk mendapatkan rangking terbaik di daftar iklan
Google. Tapi dengan memiliki account di Adwords tidak mempengaruhi
apapun atas rangking di daftar natural search bahkan di Google sendiri.
72.Usahakan dan menjauhlah dari link farm (hindari!): jangan pernah
link ke link farm. Meskipun search engine tidak menentang site-site yang
memiliki link ke link farm, ada baiknya hindari link farm, untuk
mencegah pengaruh buruk dari link-link yang dimilikinya.
73.Jangan link ke link farm (hindari!): Google menyebut spamming sites sebagai “bad neighborhoods” dan jika kita link ke mereka, kita akan berakhir dengan page rank rendah. Jika kita mencurigai atas site yang akan link ke kita adalah “bad neighborhood”, periksalah PageRank-nya dan lihatlah apakah
mereka komit atas aturan-aturan SEO, jika mereka memang benar “bad
neighborhood” jangan link ke mereka.
74.Jangan buat page khusus link (hindari!): page khusus link sangat
membosankan bagi search engine maupun pengunjung. Kebanyakan seach
engine akan menilai lebih link yang menyatu dan saling berkaitan dengan
content dalam page sebagai satu kesatuan.
75.Jangan link ke dan dari site yang sama berulang kali (hindari!): ini juga disebut dengan link spamming. Jika kita beruntung search engine akan
membaca link-link yang kita miliki di page dan hanya melihat satu atau
dua saja terutama yang dioptimasi. Buruknya, site kita akan tampak seperti spammer, meskipun kita tidak link ke “bad neighborhood” ataupun melakukan cross linking scheme.
76.Jangan masuk ke link circles (cross-linking) (hindari!): ada site
yang link-link miliknya saling berhubungan dengan pola berputar (atau
lebih kompleks) circular (site A link ke site B link ke site C link ke
site A), ini akan tampak seperti membeli link. Jangan berasumsi jika
pengunjung atau konsumen anda tidak memberhatikan pola ini, apa lagi
search engine. Karena search engine lebih menghargai link, mereka juga
menginginkan “honest” link, atau link-link yang tidak berbayar.Jika
tampak seperti link berbayar, search engine akan langsung memfinalti.
77. Jangan sampai ada broken links dalam site (hindari!): broken link
dapat membuat site tampak buruk, dan mengindikasikan kalau site tidak
terpelihara.Search engine hanya memberikan layanan kepada konsumenya
hasil yang berkualitas tinggi, jadi mereka akan langsung memfinalti
site-site yang banayak memiliki broken link. Gunakan link checker secara
periodic untuk memastikan link-link yang anda miliki masih valid.
78. Jangan pakai meta refresh tag untuk me-redirect user (hindari!): banyak spammer yang menggunakan hal ini untuk mengelabui search engine, sehingga berfikir jika sebuah page mengenai satu hal, dan kemudian merefreshnya menjadi sesuatu yang benar-benar berbeda. Meta refresh juga tidak
memberikan informasi apapun ke search engine mengapa redirect ini
terjadi.Lebih baik menggunakan permanen HTTP 301 redirect ketika harus
melakukan redirect pengunjung ke URL baru.
79.Jangan pakai 302 redirects (hindari!): HTTP 302 server redirect hanya diperuntukkan ketika sebuah page untuk sementara dipindahkan ke lokasi lain di server. Spammer menggunakan 302 redirect karena memberi mereka lebih banyak URL pada page tujuan yang sama selain itu ada banyak jalan untuk
masuk ke page tersebut. Satu-satunya alasan harus memakai 302 redirect
jika memiliki URL yang buruk dengan terlalu banyak parameternya. Maka
302 redirect akan memberitahukan search engine jika site ini bukan
permanent redirect, tapi lebih ke alternative URL. Untuk jenis edirect
yang lain sebaiknya gunakan 301 redirect.
80.Jangan terlalu sering melakukan koreksi kecil dalam content (hindari!):hanya karena ingin search engine tahu jika site kita selalu di up date,
maka sering dilakukan koreksi-koreksi kecil seperti koreksi penulisan,
atau merubah 10-20 karakter.Ini akan terlihat kita sedang mengelabui
search engine, agar tampak site kita selalu ter-update. Tetapi ini
terlalu berlebihan, sebaiknya lakukan update secara subtantif.
81.Jangan tampilkan content palsu (hindari!): jangan tampilkan
content berbeda berdasarkan IP, tipe atau versi browser, OS atau apa
saja. Hal ini cukup menyebalkan bagi para desainer untuk melakukan banyak penyesuaian script.Selain itu juga akan terlihat sebagai usaha mengelabui search engine menampilkan sesuatu yang berbeda-beda bagi pengunjung.
82.Jika memang harus menampilkan content alternative berdasarkan
batasan yang berbeda, buatlah web page yang berbeda, dari pada
menggunakan URL yang sama untuk semua content tersebut. Atau usahakan untuk meminimalisir content yang membuat berbedam jangan buat site baru untuk setiap IP atau setiap jenis browser.
83.Jangan melanggar copyright atau hukum lain (hindari!): semua
search engine memiliki terms of service yang akan mem-ban site yang
melanggar aturan. Pelanggaran copyright adalah cara paling mudah dan
sering dalam melanggar hukum di Web. Jangan selalu beranggapan bahwa
sesuatu yang ada di web berati legal untuk di reprint, dapatkan ijinnya
atau link ke artikel tersebut. Search engine akan mem-ban site yang
secara reguler mencuri content atau melanggar hukum lainnya.
84.Jangan menduplikasi content dalam site (hindari!): satu trik yang sering digunakan spammer adalah membuat satu page kemudian mempostingnya keberbagai tempat, baik di satu domain atau di domain yang lain. Ide awalnya mungkin jika ada banyak kopinya maka semakin banyak orang yang melihatnya.Tapi search engine tidak suka duplicate content karena dianggap menghabiskan space di server mereka dan tidak memberikan informasi yang bagus bagi konsumen mereka. Jika site terindikasi spamming dengan multiple copy, mereka akan langsung memfinalti.
85.Jangan pakai robots.txt untuk menutup sebagian besar wilayah dalam site(hindari!): secara umum, dengan menggunakan robots.txt file untuk menjaga area tertentu dalam site menjadi limit bagi spider. Tapi jika area yang dilimitkan itu terlalu besar (lebih dari 50%), search engine spider akan menandai
site sebagai “forbidden” dan akan mengurangi frekuensi menspider. Jika
site jarang di spider,akan sedikit page yang dimasuk kandalam directory
dan terupdate rangkingnya.
86.Jangan sampai salah tulis HTML (hindari!): jika spider tidak dapat membaca page karena HTML-nya buruk, berarti site tidak akan terindex.Pastikan untuk memvalidasi HTML secara reguler karena banyak hal yang tidak tampak atau bagi pengunjung manusia dapat di deteksi oleh search engine spider.
87.Jangan pakai frame (hindari!): frame dan search engine bukan
kombinasi yang bagus. Sekarang search engine semakin baik membaca site
dengan frame, tapi mereka tetap belum merangking site dengan frame lebih baik dari pada website tanpa frame. Meskipun terangking di search engine, kecil kemungkinan untuk mendapatkan klik karena search engine tidak dapat menampilkan title atau deskripsi dari page tersebut.
88. Jangan buat Flash Page (hindari!): search engine tidak membaca image, dan mereka melihat Flash sebagai giant image. Flash dan search engine juga bukan kombinasi yang bagus. Jika kita tidak punya extensive alternative HTML yang muncul ketika Flash tidak dijalankan, maka site tidak akan terangking dengan baik di search engine. Pastikan mengetes site dengan browser saat flash dimatikan untuk mencari tahu apa yang dilihat search engine.
89.Jangan buat site yang melulu Flash (hindari!): jika akan
menggunakan Flash untuk site, harus punya versi HTML-nya yang dapat
muncul ketika Flash dimatikan. Karena search engine hanya melihat HTML,
jadi hanya itu yang akan mereka rangking. Jika ingin mempertahankan
flash berarti harus juga membuat site dalam versi HTML – dua kali kerja.
90.Jangan pernah redirect ke domain lain (hindari atau kena ban!): melakukan redirect ke domain lain bukan garansi 100% akan terkena ban. Tapi ini tindakan yang sering dilakukan oleh para spammer berhubungan dengan doorway page dan cloaking. Jika mensetup redirect ke domain baru, maka yang dipakai adalah 301 HTTP redirect, bukan 302 atau meta refresh. Ini memberitahukan search engine bahwa redirectnya permanent, dan mereka harus mengubah dalam direktorinya ke domain baru tersebut.
91.Hati-hati redirect ke domain baru – bisa terkena ban (hindari atau kena ban!): karena trik ini sering dipakai spammer, sebaiknya hindari melakukannya.Sulit bagi kita untuk kembali lagi hanya karena site kita terkena ban secara tidak sengaja.
92.Jangan pernah link invisible image (hindari atau kena ban!): invisible image adalah image yang ukurannya 1×1 pixel dan tidak dapat dilihat oleh kasat mata. Karena link memiliki prioritas tinggi dalam perangkingan website, melink image yang tidak dapat dilihat oleh pengunjung dan hanya dilihat oleh spider. Jika search engine mengetahui itu, site akan langsung di ban. Jangan link Single Pixel Image – Site akan langsung di Ban. Ini sama
dengan hiding text atau menampilkan content yang berbeda antara search
engine dengan pengunjung. Search engine dapat membaca CSS atau HTML tag
yang dapat membesarkan image size. Jika teknik ini dilakukan untuk
mengoptimasi
page, maka akan langsung di ban.
93.Jangan sertakan invisible text dalam page (hindari atau kena
ban!): hiding text dengan membuat warna yang sama antara teks dengan
background akan mengelabui pengunjung, tapi tidak dengan search engine. Bentuk lain dari
teknik ini adalah dengan membuat ukuran font yang sangat kecil sehingga
tidak terbaca oleh mata biasa.
94.Jangan sembunyikan site – site akan langsung kena ban (hindari atau kena ban!): search engine mengerti CSS dan warna font serta background. Mereka juga mengenali jika ukuran font 1x itu tidak mungkin terbaca manusia. Text yang tidak terbaca oleh manusia tapi tampak oleh seach engine akan dianggap sebagai spam dan langsung di banned.
95.Jangan pernah buat doorway page (hindari atau kena ban!): doorway page adalah simple HTML page yang sengaja ditulis untuk mengoptimasi satu
atau dua keyword. Dan page-page ini di program sedemikian rupa agar
search engine spider melihatnya, tapi bagi pengunjung biasa akan diarahkan ke site yang
sebenarnya.
96.Jangan pakai doorway page atau langsung kena ban (hindari atau kena ban!): doorway page didesain untuk mengelabui search engine agar mengira bahwa site memiliki relevansi dengan keyword tertentu dan page ini hanya ditujukan agar terlihat oleh search engine. Search engine akan langsung membanned site-site yang menggunakan teknik ini.
97.Jangan pernah menampilkan content yang berbeda antara spider dengan pengunjung (hindari atau kena ban!): ini sering disebut dengan cloaking karena ada usaha untuk menutupi apa yang disampaikan dalam site menjadi sesuatu yang berbeda dan sangat mencolok bagi search engine. Search engine hanya inin memberikan informasi yang sebenarnya bagi konsumennya. Jika ditemukan site yang dicloaking mereka akan segera menghapusnya dari direktori.
Good Luck…
Dengan menerapkan 97 Tips Agar Pertumbuhan Weblog Baik semoga bermanfaat buat kita bersama.untuk bisa banyak belajar dari kesalahan dan memperbaiki nya agar pertumbuhan weblog kita bisa baik di halaman utama Search Engine.penjelasan dari semua artikel di atas saya adopsi dari salah satu Blog SUHU SEO yang Anggun di indonesia.weblog tersebut bernama Metode Anggun SEO Optimasi Weblog